Reflection

Be Aware! ^^

Kemaren sore gua nyadar sesuatu waktu lagi liat duit 10000an. Ada yang tau siapa pahlawan yang ada di duit 10000an ato apa gambar di duit 20000? Yang lebih gampang, di duit 1000an?

Yak, gua baru nyadar kalo gua ga tau siapa-siapa aja yang ada di gambar itu, padahal megang duit itu hampir tiap hari. Banyak juga hal kecil lain yang ternyata gua ga sadar dalam kehidupan sehari-hari gua. Hal ini bikin gua jadi ngeh kalo ternyata awareness gua terhadap lingkungan tuh masih kurang banget.

Seringkali kita sebagai manusia tuh emang ngelupain hal-hal kecil dan take it for granted aja (indonesianya apa ya? Mungkin anggep hal itu uda wajar kali ya? Hehehe). Kita ngeremehin hal-hal kecil itu karena dampaknya mungkin kita anggep kecil. Tapi gua coba pikirin lagi, trus ketemu misalnya ketidak-awareness-an ama hal kecil ini dibiarin, mungkin bisa dampaknya bahaya.

Gini maksud gua, saat kita ga aware ama hal kecil dalam lingkungan, baik itu lingkungan sosial maupun lingkungan alam, banyak banget contoh yang bisa bikin dampak buruknya besar. Contohnya, kita ga aware ama temen kita yang lagi butuh bantuan, karena walaupun gerak-geriknya berubah tapi ga signifikan. Ini bikin kita yang biasa nganggep remeh hal kecil jadinya ga nyadar ama perubahan temen kita itu. Dampak buruknya? Kalo ternyata teman kita ini punya masalah besar dan butuh banget bantuan kita cuma dia ga mau ngomong dan ngarep kita bisa nyadar dari perubahan gerak-geriknya gimana? Masalahnya besar dan mendesak, jadi kalo kita ga bantuin dampaknya mungkin akan buruk banget. It’s all about social awareness, do we have it? 🙂
Contoh lainnya, tentang sampah. Yak, masalah sampah ini masalah yang SELALU jadi amanat pembicara pas upacara gua di sd. Hahaha. Ini juga menurut gua salah satu akar masalahnya adalah awareness. Coba kalo semua orang nyadar kalo sampah itu tempatnya ya di tempat sampah dan bukan di jalanan ato sungai, kemungkinan besar gada lagi masalah sampah yang berantakan, dan ujung-ujungnya bikin banjir. Ini dimulai dari… awareness terhadap hal kecil.

Kesimpulannya, menurut gua, kita mestinya punya kesadaran terhadap lingkungan kita. Terutama tentang hal-hal yang kecil, jangan cuma hal-hal yang besar-besar doang. hahaha

-Thursday, January 7, 2010 at 3:30pm-

What do you think? :)

