Psychology

Cerahkan Harimu dengan Tawa

Tertawa sangat disukai oleh manusia. Setiap hari, manusia dewasa rata-rata tertawa 17 kali. Berbagai cara dilakukan oleh manusia untuk membuat sesamanya tertawa, bahkan ada profesi khusus yang berusaha membuat orang tertawa, yaitu pelawak. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya tertawa dalam hidup manusia. Penelitian-penelitian tentang tertawapun dilakukan oleh para ilmuwan. Dari penelitian-penelitian tersebut, berhasil ditemukan bahwa tertawa dapat berperan penting dalam dunia kesehatan.

Para ilmuwan percaya kalau tertawa dapat mengeluarkan emosi-emosi negatif yang disimpan oleh tubuh manusia. Dengan mengeluarkan emosi-emosi negatif tersebut, maka emosi yang tertinggal dalam tubuh akan cenderung positif. Saat tubuh menyimpan emosi positif maka penyakit-penyakit tidak akan dengan mudah menyerang tubuh manusia. Dengan dasar pemikiran ini, saat ini berkembang terapi tertawa (Junkins, 1999). Melalui terapi tertawa, klien diajak untuk mengeluarkan emosi-emosi negatif yang tersimpan dalam diri mereka (katarsis).

Terapi tertawa ini memang tidak mengubah fakta kalau kita memiliki masalah. Melalui terapi tertawa dapat membuat kita mengubah cara pandang terhadap suatu masalah yang dihadapi. Kalau sebelumnya saat ada masalah kita memandang dengan cara pandang yang negatif sehingga menghasilkan emosi yang negatif juga, maka melalui terapi tertawa cara pandang juga menjadi positif.

Selain itu, dengan tertawa kita dapat membuat otak kita berpikir bahwa kita sedang senang. Hal ini disebabkan gestur tubuh kita juga dapat mempengaruhi pikiran dan emosi kita. Dengan membuat kita senang, maka tentunya stress akan berkurang, kesehatan juga akan terjaga.

Lalu, hal lain yang membuat tertawa penting bagi kesehatan adalah tertawa dapat merangsang 15 otot muka untuk berkontraksi dan banyak rangsangan elektrik di seluruh mulut. Hal ini membuat otot muka kita jadi lebih sehat dan tampak lebih segar karena seringnya digerakan dengan baik. Dengan penemuan-penemuan tersebut, maka tertawa cukup terbukti dapat membuat hidup kita lebih sehat.

Dari penemuan-penemuan para peneliti, maka terbukti bahwa tertawa dapat membantu kesehatan manusia. Dengan tertawa kita dapat melihat dunia dengan lebih baik. Oleh karena itu, apapun masalah Anda saat ini, berusahalah tetap dapat tertawa agar dunia menjadi lebih cerah.

Sumber :

http://www.laughtertherapy.com/Articlebestbetforblues.htm#Article:%20Power%20of%20Laughter

http://health.howstuffworks.com/

p.s. This post also posted on ruangpsikologi.com

Advertisements

What do you think? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s