Reflection

Hype-atitis A

30 Oktober 2011,

Tanggal itu bakal jadi tanggal yang bersejarah buat gua. (berlebihan!) Kenapa bisa gitu? Itu adalah pertama kali gua masuk rumah sakit (selain pas bayi).

Kisah sakit gua:

Jadi gini awalnya, Selasa (25-10-11) gua sakit ampe ga masuk kerja. Malemnya gua ke dokter dan bilang masuk angin aja, tapi dikasih antibiotik buat anti typus. Semua tampak baik-baik saja, jumat (28-10-11)  gua juga masuk kerja lagi. Tapi pas jumat itu, dari pagi gua ngantuk banget… Gua pikir gara-gara obat kayaknya, jadi gua ijin pulang cepet. Sampe rumah, badan mulai berulah lagi, jadi gua tidur aja.

Kisah masih lanjut besoknya. Badan makin ga enak. Dan tambah mual2 pengen muntah, bahkan ampe muntah-muntah. Gua ke dokter lagi deh sorenya. Diagnosanya, ini masalah pencernaan. Obat diganti, tapi reaksinya kurang cepet, gua pun mengerang sepanjang malem, sampe kecapean sendiri dan tidur deh. (kayak bayi ya? ;p)

Hari minggu bangun pagi, masih sakit tapi agak lumayan baikan. Tapi mual2nya masih banget. Makin sore makin dahsyat mual-mual dan muntah-muntahnya. And the peak comes! Menurut bokap dan nyokap gua, ada darah yang keluar pas gua muntah. (hiii….). Langsung bonyok panik dan pada minta gua ke rs aja.

Langsung ke RS siloam tangerang. Cek darah yang paling gua takutipun datang! (gua takut jarum). Infus dan cek darah uda beres. Gua masih di ruang emergency. Setelah sekian lama, hasil cek darah menunjukkan fungsi hati gua sampe 2000an (normalnya 5-30). Itu indikasi gua hepatitis A menurut dokter. Jadi gua harus dirawat di RS. Inilah pertama kali gua masuk RS. Gua di rumah sakit seminggu dan sekarang uda pulang tapi dipingit, ga boleh kemana-mana.

Masuk rumah sakit tanggal 30 Oktober 2011 cukup menyakitkan buat gua. Banyak rencana gua buyar. Mestinya, tanggal 1-4 November gua outing kantor ke Lombok. Tapi… apa mau dikata? gua cuma bisa pasrah dan mikirin gimana bisa cepet sembuh aja. Selain itu, gua uda rencana ikut retret kampus tanggal 18-20, tapi ampe tulisan ini turun aja gua belum boleh kemana-mana, jadi ga yakin gua akan dapet ijin ke puncak tanggal itu. Trus, tanggal 25 tadinya mau camping, tapi? Yakin camping abis hepatitis A? Not really sure. 😦

Insight yg gua dapet:

1. Biaya rumah sakit itu MAHAL!!! (baca: MAHAL BANGET). Gua bersyukur banget punya health insurance  dari kantor. Kalo ga? Bakalan bingung banget gua. Ini yang jadi pemikiran gua sekarang kalo mau cari kerja. Mesti dapet kerja yang ada tunjangan kesehatannya.

2. Gua emang butuh istirahat. Sebelum gua sakit, gua emang uda mulai muak ama rutinitas gua, dan thanks god, gua disuruh istirahat sebelum penyakit ini tambah parah. Manusia boleh berencana, tapi Tuhan (ato kekuatan lain yang mungkin lu percaya) yang nentuin. Gua punya banyak rencana bulan ini, tapi apa yang gua dapet? Gua harus istirahat full di rumah. Gua ga kebayang kalo sampe gua akhirnya tetep pergi ke lombok padahal ternyata gua kena hepatitis A. Bakal kayak gimana badan gua disana?

3. Sakit itu gaenak! HAHA. Jadi next time, gua mesti jaga supaya jangan sampe sakit lagi. Jaga makan, jaga stamina, dannnn Olahraga!

Ya, itu 3 insight utama yang mau gua bagiin dari sakit kali ini. Anyway, hepatitis emang lagi hype, dan gua ikutan tren. Tapi gua tetep “Early Majority” diantara temen2 gua. :p

2 thoughts on “Hype-atitis A

  1. Pingback: Surrender Time « Just A Story

What do you think? :)

