Random

Interaksi di Social Network yang Aneh

Setelah memakai social network selama kurang lebih 6 tahun, mulai dari friendster, multiply, facebook, dan sekarang twitter, gua ngerasa kok ada yang aneh ya?

Keanehan ini sebenernya muncul sejak facebook booming menurut gua. Saat FB booming, akses internet juga makin gampang. Semakin banyak orang online lewat perangkat apapun, mulai dari komputer, hape, video game, dll. Dengan begitu, maka orang-orang yang punya FB juga jadi makin banyak. FB dan email itu uda kayak nomer hape atau alamat rumah. hampir semua orang punya itu. Bahkan orang2 menengah ke bawah.

Keanehan apa sih yang gua bahas? Gini, pada ngerasa ga kalo pas kita berinteraksi lewat social network itu ga selalu kayak interaksi di dunia nyata. Simpelnya gini,misalnya gua (dan beberapa teman yang gua tanya) suka chat sama orang di FB/ Yahoo messenger, lalu walopun kita ber2 sedang chat dan seru, tapi sering juga tuh tau2 kita ber2 (orang yang chating tadi) saling ngebales wall di FB. Buat gua ini aneh. Jadi 2 orang itu berinterraksi di dua tempat yang berbeda pada saaat yang hampir bersamaan. Yang aneh lagi sebenernya adalah karena walopun kita ber2 orang yang sama, tapi kita ga ngebahas yang kita bahas dalam percakapan di YM itu di wall Fb, dan percakapan di wall FB di YM. Gua ngerasa kayak ada 2 dunia yang berbeda antara wall FB dengan YM, padahal orang yang diajak ngobrol kan sama.

Lalu, begitu masuk ke dunia nyata, kopi darat, percakapan di YM, FB, Twitter kayak ga pernah dibahas. Dan semua kayak cuma mimpi… gua bingung… hahaha.. apakah gua terlalu menggeneralisir? ato apakah emang jenis interaksi zaman sekarang itu kayak gitu ya?

Ato apakah itu bukan keanehan?

Ya, at least ini buat gua aneh…hahaha

-Thursday, March 4, 2010 at 10:50pm-

What do you think? :)

