Think Out Loud

Kemunduran Mahasiswa Psiko UI

Notes ini adalah ungkapan “kemirisan” gua terhadap keadaan kemahasiswaan sekarang khususnya di psikologi ui.

Setelah gua kuliah kurang lebih 4 tahun di psiko ui, gua ngeliat kehidupan kemahasiswaan psiko ui sekarang kok makin mundur ya??

kemunduran yang gua maksud adalah:

1. Sekarang makin sedikit mahasiswa yang ikut kegiatan kemahasiswaan. Semakin banyak mahasiswa yang lebih suka kuliah, kerjain tugas, pulang. Gua ga tau pasti kenapa makin sedikit mahasiswa yang mau ikutan kegiatan kemahasiswaan, padahal jumlah mahasiswa (psikologi) makin banyak looo…. sekarang seluruh angkatan aktif berjumlah lebih dari 200an orang untuk tiap angkatan, tapi kenapa saat ada acara yang nyedot banyak sdm, kita langsung bingung nyari sdm buat kepanitiaan lain??? secara kasar gini, 1 angkatan 200an, kali 4, ada 800an(itu bahkan cuma reguler, belum KKI& ekstensi). nah, kepanitiaan itu yang paling gede 200an orang. itu pun cuma 1, nah, di psiko emang ada beberapa acara sih,tapi masa sih 600 orang lain ga bisa diberdayakan? kalo emang ga bisa, kenapa ya mereka ga mau ikutan? padahal kegiatan kemahasiswaan ini kan penting buat aplikasi ilmu psikologi kita. dlm kepanitiaan kita bisa belajar decision making, bekerja dalam tekanan, negosiasi, leadership, time management, dan lain-lain. semua yang kita dapet cuma secara teori kalo di kuliah. di kepanitiaan kita bisa belajar langsung. Lalu kenapa proporsi yang ga ikut kepanitiaan banyak banget???

2. Saat ini,makin banyak dari yang ikut kepanitiaan ato organisasi mahasiswa hanya untuk cari emblem/menuh2in cv. Apa buktinya? buktinya bisa ditanya sendiri kepada banyak teman2 kita, apa motivasi mereka masuk BEM, MPM, ato organisasi lain? Apakah untuk belajar ato untuk dapet sertifikat/semacamnya sehingga di cv makin panjang da riwayatnya? agak subjektif ya? hmm, tapi gua ngerasa ini bener karena orang2 kayak gini emang biasanya kerjanya juga seadanya. ya, kalo gua salah, sori.

3. Banyak acara yang diadain seadanya. asal jadi. pragmatis banget de pokoknya. Semua tujuan dicapai dengan cara yang paling instan.PO: “Ga punya duit ni, gimana ya?” Panitia lain:”kita bikin iuran panitia aja gimana? jadi tiap panitia kita tarikin sekian2” Itu emang cara cari duit yang paling gampang. anggep ada 50 panitia, masing2 20000, jadi 1 juta. tapi kalo kayak gitu, bukannya bisa bikin orang makin males ikut kepanitiaan ya? jadi kalo ga punya duit ga boleh ikut kepanitiaan itu dong??
suatu acara dibikin dengan sepraktis mungkin dengan tujuan “ga mau susah” yang penting jadi. hmm,dinamika kepanitiaannya jadi ga bener. staf2(anak baru) ga diajarin tapi hanya disuruh.

4. Mahasiswa uda merasa tua waktu semester 6. nganggep dirinya uda ga pantes ikutan kepanitiaan ato organisasi. hal ini cukup lucu buat gua. seperti yang gua bahas di nomor 1, makin dikit yang ikut kepanitiaan, nah, ditambah lagi angkatan tuanya “sok tua” dengan ga mau ikut kepanitiaan dengan alasan kuliah, ato apapun itu. gua uda ngelewatin semester 1 sampe 8 dan tau gimana rasanya. menurut gua, sbenernya ga ada tuh alesan smstr 6 uda berhenti ikut2an. kenapa? karena di psiko itu semua konsep dasarnya kekeluargaan, nah, kalo anak yang tuanya uda berhenti padahal anak paling kecil masih butuh bimbingan langsung alias contoh konkret, kan bisa bahaya tuh. dampaknya di psiko mulai keliatan kok. anak2 sekarang gua rasa masih kurang belajar dari yang lebih senior shingga acara yang dibikin itu kualitasnya beberapa menurun.

5. psikologi itu terkenal sebagai kampus yang cukup kritis di ui. kita adalah kampus yang berani bilang hitam pada hitam dan putih pada putih. tapi sekarang kok kampus kita adem ayem banget ya? pada ga aware ato gimana kalo rektorat itu ga berpihak ama mahasiswa. kenapa BEM (sebagai perwakilan) ga bikin kajian ttg itu dan bikin surat terbuka buat rektorat ato rektor sekalian?

Itu beberapa yang gua inget pagi ini, kalo ada tambahan nanti gua update. tapi gua pengen tau de, kira2 apa sih penyebab kemunduran itu? gua berpikir dan diskusi ama beberapa temen, dan ada beberapa jawaban.kayaknya ada yang uda gua sebut ya?

1. Banyak Mahasiswa sekarang orientasi kuliahnya bener2 hanya untuk cari kerja. so, mereka ingin lulus as soon as possible, ip setinggi2nya, cari kerja dan dapet gaji gede. jadi mereka ga peduli dengan kepanitiaan dll. yang pnting tugas beres, ujian bagus, lulus cepet. itu dari mahasiswa, si rektorat juga punya kebijakan yang mendukung itu. biaya kuliah sekarang mahal. jadi orang makin gerah lama2 lulus, karena duit yang diabisin bisa tambah banyak. selain itu, rektorat juga bikin kurikulum yang mempercepat kelulusan mahasiswa. banyak kuliah yang diajarin seadanya supaya cepet. jadi makin banyak mahasiswa lulus 3,5 tahun.

2. Mahasiswa kehilangan senior yang mestinya jadi role model. kenapa bisa begitu? uda gua bahas karena angkatan tuanya ga mau turun langsung dengan alasan uda tua dan waktunya regenerasi. alhasil, angkatan di bawah jadi kurang ngerti cara menjadi mahasiswa yang sebenernya

3. mahasiswa junior ga mau belajar dari senior. mereka merasa bahwa diri mereka bisa membuat sesuatu yang inovatif. mengubah beberapa tradisi dan akhirnya keblinger. keteteran karena jadi banyak acara. alesan mereka ga mau belajar ada karena ga cocok ama senior, takut, ato segan nanya.

4. Nilai yang ditanamkan pas psau dan prosesi SALAH. apa nilainya? apa yang salah? pas gua psau, yang gua dapet adalah bahwa kehidupan kepanitiaan itu penting karena dari situ banyak banget yang bisa dipelajari. dan bahwa jadi mahasiswa itu bukan cuma kuliah. dan nilai itu masih ada ama gua ampe sekarang, makanya gua mau ikut kegiatan2 yang kadang bikin cape dan ga menguntungkan secara pribadi, tapi buat gua, pasti ada pelajaran yang gua dapet dari cape itu. psau sekarang gua liat cuma menekankan gimana survive di dunia kemahasiswaan, bukan gimana berkontribusi di dunia kemahasiswaan…

Sementara baru itu yang gua dapet… nanti kalo ada lagi gua update…

Ini masalah besar menurut gua buat kehidupan mahasiswa di psiko, dan di ui secara umum. kebayang ga kalo terus2an kayak gini? gua yakin mahasiswa akan makin males ikut kepanitiaan dan bikin acara karena ga ada yang tau esensinya acara itu buat apa. semua kayak robot, dan akhirnya semua jadi males, karena rutinitas doang….

Gua uda mau lulus, tapi gua ada rencana sebelum lulus, nanti juga pada tau. mudah2an jadi dan berguna buat psiko de…

notes ini kalo terlalu sarkas, dan ada yang tersinggung, sori ya,,,,

-Friday, May 21, 2010 at 4:01am-

Advertisements

2 thoughts on “Kemunduran Mahasiswa Psiko UI

What do you think? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s