Think Out Loud

Komunis itu cocok buat Indonesia (?) — Pemikiran gua tentang pemikiran Bung Karno milih temenan ama Komunis

Kemaren gua menyadari sesuatu yang menarik menurut gua…

Sebelum G 30 S PKI, PKI adalah partai yang resmi di indonesia.. partai ini bisa tetep berdiri dan berkembang jadi salah satu partai paling besar di indonesia karena Bung Karno, presiden dan “penguasa” Indonesia waktu itu emang dekat dengan blok timur, yang berpaham komunis. Kenapa bung karno mau temenan ama komunis ya? kenapa bukan ama Amerika yang demokrasi?

Buat gua yang sempet hidup di ORBA, komunis itu adalah orang jahat

Gua mempertanyakan kenapa Bung Karno, tokoh yang begitu besar dan hebat bisa mau temenan ama orang jahat waktu dulu kalo gitu?

Tadi pagi gua ga sengaja ketemu jawabannya yang memuaskan gua, bener2 tiba2 melintas aja dipikiran gua.

Jadi, kenapa bung karno mau temenan ama PKI? Apa cuma karena Bung Karno dikasih bantuan2 dari komunis trus dia jadi dekat ama komunis?

Gua merasa kalo itu bukan jadi satu2nya alasan. Alasan lain yang melintas dalam pikiran gua adalah Bung Karno emang waktu itu mikir kalo komunis itu cocok ama indonesia. Di Indonesia itu kan orangnya gotong royong n kebersamaannya tinggi banget… nah, mungkin akan lebih cocok dengan komunis dibanding demokrasi yang mementingkan hanya kepentingan 1 golongan.

Buktinya? Kita tuh lebih seneng bareng2 ato sendirian sih? Orang Indonesia akan cenderung lebih seneng mengerjakan segala sesuatu bersama2. Kita juga jarang yang senang kalo ada yang “lebih” ato “kurang” dari kita. waktu ada yang lebih dari kita, biasanya akan diomongin dan dicari2 kejelekannya… waktu ada yang kurang, kita akan mencari cara buat bantu dia.intinya berusaha membuat jadi setara. –> bukti ini masih awam, perlu dikritisi juga…

Hmm, Gua ga tau apakah bener bung karno mikir gitu ato ga, tapi gua ngeliat Bung Karno bener2 visioner banget.Dia bisa ngeliat bahwa pembelajaran menjadi demokrasi itu sangat sulit…

Bisa dilihat pembelajaran jadi demokrasi sekarang itu makan korban berapa banyak? mulai dari pembataian sisa2 PKI sampe matinya ketua DPRD gara2 kebanyakan orang pengen bikin daerah baru dengan alasan demokrasi…

Apakah se -worth it- itu demokrasi buat Indonesia? Atau memang komunis lebih masuk buat indonesia?

Semua bisa kita lihat beberapa tahun ke depan.

hahaha… ini cuma notes, gua bukan komunis karena toh dalam darah gua mengalir ajaran bahwa komunis itu jahat, cuma yang gua pengen ngasih tau disini adalah Bung Karno emang pemimpin terbaik Indonesia sampe sekarang karena dia bisa melihat sebuah paham tidak hanya hitam putih, tapi lebih terbuka… makanya ada PANCASILA

Tribute to Bung Karno.. hehehe

PS:notes gua edit karena sebelumnya gua rasa terlalu sampah… mudah2an yang ini better…

-Friday, February 26, 2010 at 3:09pm-

Advertisements

What do you think? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s