Reflection / Think Out Loud

Mentok (?)

Pagi ini gua tiba-tiba kepikiran kalimat yang sering gua denger.

Abis mau gimana lagi? Gua ga punya pilihan.

Kalimat ini kita ucapkan waktu (seakan-akan) ga ada pilihan. Keadaan ga mengizinkan kita untuk memilih. Itu yang gua pikirin awalnya.

Yah, gua mikir sedikit lebih lanjut. Apa iya setiap gua ngomong gitu bener-bener gua ga punya pilihan? Atau emang gua ga mau ambil pilihan lainnya? Tadi pagi, sebelum gua mikir lebih lanjut lagi, gua harus mikirin report kantor yang belum beres.

Sore, pulang kantor gua buka email dan masuk email blog Seth Godin yang judulnya No Choice. Kayaknya pikiran gua tadi pagi ketransfer ke Godin de, makanya dia ampe bahas hal itu di blognya. Hahaha.

Blognya dibuka dengan kutipan kalimat:

“I had no choice, I just couldn’t get out of bed.”

“I had no choice, it was the best program I could get into.”

“I had no choice, he told me to do it…”

Really?

Pertanyaan yang tadi pagi gua pertanyakan dibahas Godin! Asik ni.

Post dia cukup pendek, kayaknya sekitar 300 kata d, tapi padat berisi. Dia bilang kadang kita ngomong gitu karena merasa ga punya pilihan padahal sebenarnya kita pengen ngomong “the short-term benefit/satisfaction/risk avoidance was a lot higher than anything else, so I chose to do what I did.” Jadi kita keluarin kalimat itu lebih untuk cari aman.

Memang pasti ga gampang untuk mengambil keputusan yang menurut kita risikonya terlalu tinggi. Akan tetapi menurut Godin, hal yang hebat justru kadang didapat saat kita mengambil keputusan yang berbeda, pilihan yang menurut orang tidak mungkin diambil.

Terakhir, Godin bilang, saat kita bilang ga ada pilihan lain, maka kita membuang pilihan lainnya, lari dari tanggung jawab, dan (ini yang menurut gua paling menyeramkan) “pembunuh mimpi”.

Buat gua pribadi, ini cukup insightful. Mengingatkan gua supaya ga mudah nyerah pada keadaan. Untuk mendapat sesuatu yang lebih baik, ga bisa kalau setiap ada masalah kita ambil pilihan yang aman saja dan kemudian lagi-lagi ngomong:

Abis mau gimana lagi? Gua ga punya pilihan.

3 thoughts on “Mentok (?)

What do you think? :)

