Fictionary / Reflection

Life, Y U No Have Undo??

Umur gua sekarang 24 tahun. Hidup gua sekarang “sempurna” kalau dilihat-lihat. Semuanya berjalan mulus-mulus saja. Keputusan gua selalu tepat, hmm, kalau tidak tepat ya gua ulang saja. Iya ulang, undo. Satu hari, entah gimana, gua punya kemampuan untuk mengulang hidup gua. Pertama kali gua pakai waktu gua gagal di tes masuk SMA unggulan karena gua ga belajar dengan serius, lalu gua ulang dan gua masuk ke SMA unggulan itu. Waktu kuliah juga begitu. Gua udah kuliah satu semester di psikologi, gua ga suka, dan gua mau masuk hukum, gua ulang lagi hidup sebelum tes masuk kuliah. Pas skripsi juga gua gitu. Di tengah-tengah waktu ngerjain skripsi, gua kepikiran topik lain, tapi kalau ulang lagi, waktu gua ga akan cukup buat lulus tepat waktu, jadi? Ya ulang lah. haha

Gua ga pernah takut salah jalan dalam hidup ini. Bahkan ya, kadang gua kelewatan nonton bola gara-gara ketiduran aja gua ulang hidup gua. Senang ya? Awal-awal iya, tapi makin lama makin ga menyenangkan. Ga percaya kan? Gua juga dulu ga percaya kalau hidup gua yang bisa diulang-ulang seenak jidat ini ga menyenangkan.

Waktu itu gua liat temen kerja gua yang berusaha keras karena dia ditipu sama orang sampe hartanya banyak yang ilang. Kalau dia punya kemampuan kayak gua kan pasti tinggal ulang aja ya. Sayangnya dia ga punya. Dia mesti kerja keras banget. Kadang dia ngeluh, tapi dia tampak seneng dan keliatan banget ada sesuatu yang dikejar walaupun ga bisa ngulang kalau salah. Dia sering cerita ama gua, makanya gua tau, tapi jujur, tiap dia cerita gua ga ngerti sih, rasanya gimana, gua cuma pura-pura tau aja. Gua kan ga pernah ngejar sesuatu segitunya, karena gua ga peduli jalan mana yang mesti gua jalanin, tanpa mikir bahkan, kalau salah? Ulang aja.

Lama-lama gua jadi ga suka dengan hidup gua yang kayak gini. Dataaaarrrrr banget. Semua dalam kendali gua. Ga ada kejadian random yang mungkin terjadi. Semua lurus-lurus saja. Oiya, gua juga ga belajar apa itu resiko dalam hidup sih. Gimana mau tau apa itu resiko? Resiko kan hilang semua kalau hidup bisa diulang. Puncaknya, waktu gua uda umur 48, err, iya, gua uda pernah sampe umur 48. Di umur itu, gua bener-bener sadar kalau hidup gua terlalu datar, membosankan. Gua ga pernah dapet kesenangan dalam hidup walaupun gua bisa dapetin semuanya yang gua mau. Gua juga ketemu lagi ama temen kerja gua dulu itu, dan dia uda sukses sekarang. Dia mensyukuri bahwa dia pernah ngerasain ditipu orang dulu. Dia jadi tau arti perjuangan dalam hidup, trus dia pesen:

 “Mungkin dalam hidup kita, kita emang mesti lewatin rintangan-rintangan, masalah-masalah, belokan-belokan, kalo ga hidup kita bakal lurus-lurus aja dan itu ga seru”

Akhirnya, gua putuskan, gua harus ulang lagi hidup gua. Iya, ulang dari sebelum gua bisa ngulang hidup gua.

Sekarang gua uda ga punya kemampuan itu lagi. Gua jadi tau, apa itu perjuangan, apa itu resiko dari pengambilan keputusan. Gua jadi bisa belajar untuk mempertimbangkan baik-baik sebelum ngambil keputusan. Gua juga bisa dapetin kejadian-kejadian random yang kadang menyenangkan kadang menyebalkan. Dan, akhirnya gua dapetin kesenangan dalam hidup saat gua dapet apa yang gua mau setelah melalui beberapa kegagalan. Hidup gua jadi ga datar lagi, rintangan-rintangan itu bikin gua menikmati serunya hidup.

Jadi uda tau kan kalau bisa ngulang hidup itu ga seseru itu? Oya, sebenernya ada 1 hal yang gua penasaran. Gua pernah ngulang hidup gua ampe 5 kali tapi ga bisa-bisa dapetin hal ini. Itu adalah jadian ama cewe tercantik di kampus gua waktu itu. Gua uda coba berbagai kemungkinan tapi tetep ga bisa. Kenapa ya? Hmm…

Advertisements

What do you think? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s