Think Out Loud

Sendiri, Bukan Berarti Hidup Tanpa Kalian

Sekitar 27 jam lewat dari terakhir gua ketemu kalian. Gua ngeliat beberapa ngetwit soal kangen, beberapa pasang foto kita jadi Display picture BBM, ada yang upload foto. Gua senang emosi positif itu masih ada buat kita, gua harap kita semua.

Latihan alam Teko yang ke 3 kemaren emang cuma 3 hari, tapi gua menyadari walaupun cuma 3 hari, tapi pengalaman yang gua dapet lebih berharga dari 3 tahun. Okay, boleh panggil gua lebay kalo ga setuju, tapi gua senang dan terharu banget ama semua keterbukaan kita satu sama lain. Ga ada yang maksa buat kalian seperti itu. Semua mengalir aja. Air mata yang keluar semuanya tulus, semua berusaha mendukung semua. Selain sebagai para penggiat teater, ini Teko yang gua mau, Teko yang saling mendukung satu sama lain. Teko yang bisa jadi tempat untuk saling terbuka ketika ada masalah. Teko yang jadi keluarga. Bukan cuma di bibir aja keluarga, tapi buktiin. Gua bangga ama kalian, kalian uda buktiin itu. Kita uda bisa terbuka, nyaman, dan saling mendukung.

Hal lain yang gua dapet dari latihan alam kemarin, gua juga makin sadari, kalau banyak yang berubah hidupnya karena Teko, gua salah satunya. Pelajaran hidup, cara menghadapi masalah, cara berhadapan dengan orang lain, cara mengalahkan rasa takut, cara untuk berani menyatakan pendapat, dan sejuta pelajaran lainnya yang gua dapet dan bener-bener sangat signifikan membentuk hidup gua jadi gua yang sekarang. Gua harap makin banyak orang yang bisa berubah hidupnya menjadi makin positif setelah masuk Teko ini. :’)

Kita selalu berusaha menjadikan komunitas Teko ini sebagai keluarga, walaupun ada masa dimana beberapa diantara kita memutuskan untuk ga dateng-dateng. Entahlah, tapi gua berpikir ada saudara-saudari yang kemaren ga dateng latihan alam juga alasannya lebih karena memang tidak mau di Teko sementara (atau sampai nanti), mudah-mudahan gua salah. Bagaimanapun, layaknya keluarga, mungkin saja ada yang ingin merantau keluar, memang orang-orang pasti akan datang dan pergi di Teko, entah memang mau cari tempat baru, atau kesibukan baru, atau lainnya, tapi gua harap semua orang yang lagi pergi itu akan tetap ingat bahwa Teko adalah keluarganya yang selalu ada kemanapun dia pergi. Sehingga, pada akhirnya sekalipun kita sedang menjalani hidup sendiri-sendiri, semuanya tetap dapat berkata dalam hatinya bahwa sekalipun

Sendiri, bukan berarti hidup tanpa kalian

Yang ga dateng tahun ini, semoga tahun-tahun selanjutnya bisa ikut ya. 🙂

What do you think? :)

