Fictionary

Lestari Alamku… Lestari Desaku

Aaahh… Udara pagi ini bener-bener seger banget. Ga mungkin gua dapet udara begini di rumah. AC mesin ga mungkin ngalahin kesegaran AC alam ini. Ini masih di dalam rumah Mang Idin, gimana di luar ya? Gokil memang.

Baru keluar kamar, Euis sama Udin uda langsung lari-lari nyamperin sambil ketawa. Anything better than this?

Gua bercanda-bercanda sebentar dengan mereka, terus gua buka pintu dan man!! itu gokil! ga pernah gua bisa rasain kayak gini. Baru jam 6 pagi, tapi uda cukup terang, mungkin karena di dataran tinggi.

Melangkah keluar rumah, jalan dikit, ini pemandangan yang gua dapet

Gua speechless. Ok, gua emang norak, tapi foto di atas ga ada 20% dari aslinya. Lu pada mesti coba men!

Ini pagi pertama gua nginep di rumah Mang Idin. Gua diajakin sama Tino temen gua buat ngisi liburan semester ini. Dia emang sering nginep di sini kalo naek gunung.

Man, lu mesti coba deh sekali-sekali nginep di tempat Mang Idin. Ga bakal nyesel cui! 

Awalnya sih gua nolak, tapi lama-lama yaudalah. Daripada ga ada kerjaan juga. Dan yang paling penting, duit gua abis buat beli tiket konser band kesukaan gua September nanti.

Ngebuyarin lamunan gua, tiba-tiba Tino nepok pundak gua dari belakang, pelan sih, tapi berhubung badannya gede jadi lumayan juga rasanya.

Cui, ke sawah yuk, abis itu kita mandi di curug. Manteb banget curugnya men. 

Gua bingung, ngapain gua ke sawah? Nanem padi gitu?

Main playstation, ya kagak lah! Kita liat Mang Idin nyawah. Belum pernah liat orang nyawah kan lu?

Kali ini gua percaya lagi deh sama Tino. Jadilah gua turun ke sawah. Eh ketemu Mang Idin lagi nyangkul.

Gua dan Tino nyapa Mang Idin terus duduk di saung sambil minum teh punya Mang Idin ama temen-temennya. Tehnya enak. Pake banget. Teh bot*l kalah deh. heehehe. Ga lama, gua dan Tino lanjut ke curug (air terjun) buat mandi, dan memang, ternyata air terjunnya itu dahsyat banget men!

Gua mandi di sana. Ga perlu gua jelasin lagi dong gimana rasanya? Waktu kecil gua suka ujan-ujanan di jalan, tapi bahkan ini lebih asik dari itu. Jauh. Di titik ini, muncul perenungan yang mendalam. Alam kita itu indah banget yaa…. Indonesia. Jahat banget kalo ada tangan-tangan yang mau ngancurin alam yang indah kayak gini. 😦 Masa hutan-hutan digundulin seenak jidat, gunung dipapas, sungai dibongkar cuma demi alasan kebutuhan tambang dan pohon. Bego banget sih? Alam kita itu indah, mestinya dilestarikan, bukan diancurin dengan alasan-alasan yang cuma nguntungin pihak-pihak tertentu. Gua harap ga ada lagi orang yang ngejamah hutan dan gunung tanpa tanggung jawab.

Malem ini, gua duduk di bale depan rumah Mang Idin. Ga ada TV. Jadi sumber suara ya jangkrik dan binatang-binatang malem lainnya. Kunjungan gua ke kampung ini kali ini bener-bener tepat waktunya. Malem ini bintang lagi rame-ramenya karena ada peristiwa alam apa gitu.

Keren gilak itu bintang. Ini jadi penutup malam yang sempurna. Tino dateng dari dalam rumah bawa gitar. Kayak baca pikiran gua, dia mulai mainin lagu yang cocok banget ama kondisi alam ini.

Lestari Alamku Lestari Desaku

Dimana Tuhanku Menitipkan Aku

Nyanyi Bocah-bocah Di Kala Purnama

Nyanyikan Pujaan Untuk Nusa

Damai Saudaraku Suburlah Bumiku

Kuingat Ibuku Dongengkan Cerita

Kisah Tentang Jaya Nusantara Lama

Tentram Kartaraharja Di Sana

Mengapa Tanahku Rawan Ini

Bukit Bukit Telanjang Berdiri

Pohon Dan Rumput Enggan Bersemi Kembali

Burung-burung Pun Malu Bernyanyi

Kuingin Bukitku Hijau Kembali

Semenung Pun Tak Sabar Menanti

Doa Kan Kuucapkan Hari Demi Hari

Kapankah Hati Ini Kapan Lagi

-Lestari Alamku-

(Gombloh)

Advertisements

What do you think? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s