Random

Buku, Pesta, dan Cinta (ala orang kerja?)

waktu gua mahasiswa, dikenal suatu prinsip (walopun uda mulai pudar) “mahasiswa itu buku, pesta, dan cinta”.

buat gua pribadi, makna 3 elemen itu adalah mahasiswa harusnya jadi orang yang mencari ilmu pengetahuan sebagai kaum intelek (buku) dan tetap merayakan masa muda (pesta) serta menunjukkan kasih sayang terhadap siapapun, termasuk kekasih (kalo punya) (cinta).

setau gua juga, (why am i so self-centered? there are so many “i” here. hahaha.) kata-kata ini tuh uda ada sejak mahasiswa angkatan 60an awal (or sebelumnya lagi). makanya sampe versi awal lagu Genderang UI (Mars-nya UI) itu ada kata-kata itu di dalamnya. kalo lagu utamanya UI aja ada kata-katanya kayak gitu, berarti kayaknya prinsip itu bukan prinsip yang biasa deh.

oke, itu emang prinsipnya mahasiswa. tapi gua tiba-tiba kepikiran, sekarang kan gua uda kerja, bisa ga sih prinsip itu tetep dibawa ke dunia kerja? gua pikir sih bisa, dengan penyesuaian-penyesuaian tentunya. prinsip ini tuh menarik buat dibawa ke dunia kerja karena menyatukan elemen-elemen yang membuat kita bisa tetap bahagia dan ‘manusia’ secara bersama-sama. kepikirannya, kalo ‘buku, pesta, dan cinta’-nya orang kerja tuh maknanya orang-orang yang mengembangkan diri dengan segala pengetahuan (buku) dan merayakan setiap keberhasilan dan ‘kegagalan’ (pesta) dalam pekerjaannya serta mencintai apa yang dia kerjakan dengan hati.

ya, itu kepikirannya gua aja sih. oya, elemen-elemen yang gua maksud itu, sebagai manusia sekarang, kita kan sebenernya punya keinginan untuk mencari pengetahuan dan mengembangkan diritrus, kita tentunya ingin lakuin apa yang kita cintai. melakukan pekerjaan karena terpaksa itu bukan nature kita sebenernya. waktu kita bisa bebas lakuin apa yang kita cintai, tentunya ada kebahagiaan tersendiri. kita juga ingin ada apresiasi terhadap apa yg uda kita lakuin. dengan adanya apresiasi, akan ada kesenangan tersendiri dan membuat kita ingin berkarya lagi sehingga kita tetap menjadi ‘manusia’.

bisa jadi emang prinsip itu adalah prinsip yang akan terus berlaku sepanjang kehidupan. atau mental gua aja yang mengalami stagnasi di masa mahasiswa. Hahaha.

buku pesta cinta 2

What do you think? :)

