Random

Penguasa Rasa

Mukanya tampak murung. Entah sedang kemana sang bahagia yang biasa menemani. Sepertinya bahagia punya cuti, entah berapa banyak per tahun, tapi yang pasti mereka kadang tidak hadir di hidupnya.

Sementara di tempat lain…..

Mukanya tampak bahagia. Entah sedang kemana sang sedih yang biasa menemani. Sepertinya bahagia punya cuti, entah berapa banyak per tahun, tapi yang pasti mereka kadang tidak hadir di hidupnya.

Jadi sebenarnya seperti apa? Bahagia dan sedih punya cuti? Jadi mereka boleh tidak hadir waktu mereka sedang cuti?
Logikaku segera membantah. Bahagia dan sedih tidak punya cuti. Mereka adalah budak yang tidak punya pilihan. Manusia yang punya pilihan. Mereka yang memilih mau bercengkrama dengan siapa, bahagia atau sedih. Mereka yang memutuskan, sementara bahagia dan sedih hanya bisa mengikuti kemauan manusia.
Kalau begitu, mengapa tetap ada manusia yang memilih sedih padahal mereka mengaku tidak suka dengannya? Sungguh aneh manusia itu. Tidak masuk akal.
Atau jangan-jangan manusiapun tidak bisa memilih? Jadi siapa? Oh, apa jangan-jangan, keadaan yang memaksa manusia?
Sepertinya iya. Keadaan yang memaksa mereka memilih. Jadi, kalau keadaan tidak menyenangkan, tidak boleh manusia memilih bahagia. Sebaliknya, kalau menyenangkan, tidak boleh manusia memilih sedih.
Sungguh kasihan kalau begitu. Manusia yang berkuasa di bumi ternyata kalah oleh keadaan. Keadaanlah yang menguasai perasaan manusia. Asumsinya, manusia akan sulit untuk tetap bahagia bila keadaan tidak menyenangkan yang dihadapi. Kasihan bila memang begitu. Ah, semua kan hanya asumsi. Terlalu banyak asumsi

Advertisements

What do you think? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s