Think Out Loud

Bahagia Saja

Tawa itu renyah sekali. Lama tak mendengar yang seperti itu. Hari ini memang cukup bahagia. Lepas tanpa beban seakan dunia berhenti berputar hari ini.
Sedih dan gundah pastinya masih ada. Lelah juga tetap menemani. Semua begitu sigap untuk menyergap bahagia. Seakan begitu bahagia bila ku sedih. Dasar kau pikiran negatif kurang ajar.
Sudahlah. Aku hanya ingin bahagia. Dan ini yang sedang kurasa. Haha. Iya, bahagia kali ini bukan tanpa sebab. Senyum dan tawanya yang memancing bahagiaku hari ini. Hebat ya. Kuharap kita lebih sering berjumpa. :p
Tapi ngomong-ngomong, bahagia itu tampaknya rumit ya. Orang ‘harus ini’, ‘harus menjadi ini’, ‘harus melakukan itu’, ‘harus memiliki anu’ untuk bisa bahagia. Benarkah begitu? Aku sedang belajar untuk menentang hal itu.
Bukan naif, hanya ingin mencoba menjadi bahagia. Itu saja. Pernah lihat tawa anak-anak kecil tanpa pakaian di pinggir jalan? Atau tampang teduh dari orang lumpuh yang sisa hidupnya tak kan menjejak bumi lagi? Mereka tetap mampu bahagia tanpa tergantung apa-apa. Hanya terus bahagia dengan apapun yang terjadi dan miliki. Itu terpancar dari hidup mereka. Tak perlu memiliki apa, tak perlu menjadi apa untuk bahagia.
Aku pernah baca, suatu hari, John Lennon pernah ditanya gurunya, mau jadi apa kalau sudah besar? Dia menjawab dengan mantap, ‘Bahagia’. Gurunya bilang dia tak tahu maksud pertanyaannya. Tapi Lennon bilang, gurunya tak mengerti maksud kehidupan. Aku bukan fans fanatik Lennon, tapi aku setuju padanya dalam hal ini. Kalau bahagia itu lebih penting dari menjadi apapun atau miliki apapun di dunia ini.
Sering kita terkaburkan oleh fatamorgana bahwa hanya dengan mendapatkan sesuatu baru bisa bahagia. Bahagia menjadi sebab. Kini aku mau bahagia adalah cara berpikir, jadi tidak akan tergantung pada yang terjadi, hanya pada cara memandang kejadian. Jadi aku bisa menikmati apapun yang ada, yang terjadi.
Aku hanya ingin bahagia, apapun yang kualami… Kuharap mampu, kupercaya aku bisa.

image

What do you think? :)

