Reflection

Masa Selanjutnya

Kita tak akan mampu melihat masa depan sebelum ia datang. Iya, mungkin ada prediksi, tapi apa itu sebuah kepastian? God knows.

Yang mampu kita lakukan saat ini sebatas melihat ke belakang. Itu kan gunanya dibuat sebuah mata pelajaran berjudul sejarah. Supaya manusia tidak melupakan apa yang sudah terjadi, belajar dari itu agar dapat berbuat lebih baik. (Lagi-lagi, sekalipun tak tahu apa yang akan terjadi esok atau 5 menit lagi).

Orang tua kita adalah salah satu tempat belajar yang baik buatku. Belajar dari benar dan salah mereka. Dari berhasil dan gagal mereka. Belajar dari pengalaman bukan selalu berarti pengalaman berhasil kan? Bila mereka berhasil, tirulah kebaikannya. Bila mereka gagal, carilah kegagalannya dan perbaiki. Kadang kegagalan juga adalah pelajaran berharga agar kita mampu berbuat lebih baik tadi…. walau tak akan dapat meneropong kejadian selanjutnya.

Beberapa hal memang adalah misteri. Biarlah ia terjadi dan menjadi. Tetap memandang ke belakang mengajarkan waspada dan sigap menghadapi masa selanjutnya… Mungkin itulah kunci awal bertahan di dunia yang makin tak terperkirakan. Sekali lagi, mungkin saja, sebab tak ada yang akan mampu tahu sedetik setelah ini.

image

Memajang masa lalu tak selalu salah asal tetap fokus ke depan

Advertisements

What do you think? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s