Fictionary / Random

Aneh?

Pak tua, mengapa kau selalu saja bertingkah aneh?

Minggu lalu kau memberi makan ayam-mu dengan ikan asin. Tentu dia tak suka, tapi kau bilang itu karena dia tak biasa. Mana ada di dunia ini ayam makan ikan asin?

Keanehanmu tak pernah habis-habis pak tua. Ingatkah kau saat desa kebingungan karena sungai hampir kering di musim kemarau yang lalu? Saat air hampir habis, kau memasukkan baking soda. Supaya mengembang katamu. Kau gila sepertinya pak tua. Kau hanya tersenyum sambil bilang, “Air saja tidak marah, kenapa kalian protes?”

Kalau tidak gila, aku tak tahu harus menyebutmu apa. Hari ini adalah puncak kegilaanmu. Siang-siang bolong, saat desa sedang sangat tenang, tiba-tiba gempar. Kau bilang kau adalah titisan dewa yang dikirim agar dunia ini selamat. Ajaib sekali ada dewa yang gila sepertimu! Katamu, orang-orang boleh anggap dia gila. Tapi faktanya tidak. Beberapa orang percaya, tapi lebih banyak yang sinis padamu. Terhadap semua, kau hanya menjawab, “Mataku tak pernah tahu mana benar, mana yang tak benar. Bagaimana bisa mata kalian mampu membedakan antara si benar dan si bohong? ”

Ku hanya tertegun…
Kau hanya tersenyum…

Terus begitu hingga waktu, sang sutradara, menunjukkan siapa dan apa yang harus terlakukan. Akhirnya aku pergi. Semua dalam sunyi karena tak bersuara.

**
25 tahun berlalu dan akupun tua. Mataku tak terlalu awas lagi, tulangku mulai keropos.

Kini aku paham Pak tua. Hidupmu bukan aneh, tapi lega. Kau nyaman dan tak biarkan manusia fana mencetak dirimu seperti yang mereka mau. Kau menjadikan dirimu ukiran. Kau bukan aneh, hanya berbeda. Bukan tak peduli orang lain, hanya tak membiarkan dirimu didikte. Itu saja. Kini ku paham.

image

Taken from tinybuddha.com/blog/3-surefire-ways-embrace-different/

Advertisements

What do you think? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s