Fictionary / Think Out Loud

Ngeri

Reff: Bangun pagi (sebelum jam 5). Mandi. Sarapan. Berangkat kerja. Sampai kantor. Kerja jam 9. Pulang jam 6 (paling cepat). Sampai rumah. Mandi. Istirahat. Tidur. 

Setiap hari aku demikian. Senin sampai jumat. Macet itu adalah “keharusan”. Kalau tidak macet, maka aneh. 12 tahun sudah aku seperti ini. Entah sampai kapan lagi semua begini. Penghasilanku tak selalu naik setiap tahun. Bekerja terus itu pasti. Naik gaji itu mukjizat. 

Berangkat pagi, pulang malam seakan hidup hanya untuk kerja itu. Pekerjaan juga tak seru sebenarnya. Tapi kalau tidak kerja, aku bisa apa? Beberapa orang bertanya, apa aku suka pekerjaanku? Sambil senyum kujawab: iya suka. Padahal dalam hati aku merasa pertanyaan itu tidak relevan bagiku. Suka atau tidak, ya ini pekerjaanku.Harus kukerjakan. Yang kusuka dari pekerjaanku? Aku punya pekerjaan. Itu saja. Apa lagi?

Bila aku punya pilihan, aku ingin bekerja yang dekat rumahku. Caranya dua, memindahkan rumahku dekat kantor, atau cari pekerjaan dekat rumah yang sekarang. Pilihan pertama (pindahkan rumah) sangat sulit karena harga rumah dekat kantor sangat mahal. Pilihan kedua (pindah kantor) itu sungguh mengerikan. Apa aku bisa dapat pekerjaan lagi kalau melepas yang ini?

Cita-citaku hanya satu. Aku tidak dipecat dan jalanan ke kantor lancar. Sekarang, aku hanya ingat jalanan kantor adalah macet. Sedih ya. Tapi itu memori terkuatku dari masa produktifku sampai kini. Kuharap bisa berubah suatu saat. Ya, kuharap.

Bila tua nanti, aku ingin sekali bisa menikmati hidup damai dan santai sambil melihat anak cucuku tanpa risau akan uang. Tapi itu kan mimpi. Dengan pekerjaan seperti ini, pensiunku kan paling cukup untuk 2-3 bulan bertahan hidup. Setelah itu aku tak tahu dan tak ada yang mau tahu. Kita lihat saja nanti. 

What do you think? :)

